Pages

Sabtu, 09 Juni 2012

EURO 2012: Prediksi Belanda vs Denmark, di atas kertas tim oranye lebih diunggulkan 


 

Pertandingan grup B  yang dianggap sebagai grup keras alias grup neraka Piala Eropa akan kita saksikan malam  hari dan dini hari nanti. Belanda melawan Denmark pada pukul 23.00 WIB dan Jerman versus Portugal pukul 01.45 WIB.

Memprediksi siapa saja tim yang lolos ke babak 8 besar tentu  saja lebih rumit ketimbang tiga grup lainnya. Di grup A, misalnya tim yang diprediksi lolos adalah Rusia dan Republik Ceko. Grup C (Spanyol dan Italia), serta grup D (Prancis dan Inggris).

Kita abaikan dahulu siapa yang akan jadi juara Eropa kali ini, karena menebak siapa dua tim yang lolos lebih menarik.

Tanpa mengabaikan keberadaan Tim Dinamit Denmark yang kali ini diprediksi kembali meledak, rivalitas sengit bakal terjadi antartiga kontestan, yakni  Belanda, Jerman, dan Portugal.

Lalu siapa dari tiga tim itu yang bakal lolos?  Tidak bisa serta merta itu menyebut Jerman dan Belanda yang akan melenggang dengan mudah.  Pasukan Vasco da Gama Portugal tidak bisa dipandang sebelah mata, kendati lolos ke Polandia-Ukrania kurang meyakinkan dan mencatat tiga hasil buruk dalam tiga laga persahabatan (kalah 3-0 lawan Turki, 0-0 bertemu Polandia, dan 0-0 versus  Makedonia).

Rekor kurang meyakinkan lainnya, Cristiano Ronaldo cs  lolos karena hanya bertemu tim lemah Bosnia di fase playoff?

Sebaliknya, Belanda dan Jerman lolos ke EURO 2012 ini dengan meyakinkan menjadi juara di masing-masing grup pada babak kualifikasi.

Lalu siapa punya kans lebih besar untuk mewakili grup B? Simak rivalitas segitiga Belanda-Jerman-Portugal berikut:

Di turnamen besar yakni Piala Eropa dan Piala Dunia ketiga tim punya catatan menarik dan menyajikan pertandingan yang dramatis sekaligus panas.

BELANDA  versus JERMAN, siapa yang menang?

Selalu sulit menebak siapa yang bakal unggul saat dua seteru ini berlaga. Tim Kincir Angin selalu punya motivasi berlipat untuk meredam Tim Panzer. Sebaliknya, Staying Power Jerman selalu ingin mempertahankan hegemoni atas Pasukan Oranje.

Jerman dan Belanda kali ini datang ke hajatan sepak bola Benua Biru dengan kondisi sama-sama on fire dan diunggulkan menjadi jawara. Mental tempur mereka lebih kuat ketimbang saat mereka terakhir bertemu satu grup dalam EURO 2004. Mereka sama-sama dilindas Kereta Cepat Ceko, dan Jerman kandas! Grup ini juga disebut-sebut grup maut. Di level Euro Belanda boleh lebih percaya diri daripada Jerman.

-Belanda-Jerman bermain imbang 1-1 di EURO 2004.

- EURO 1992 Belanda menundukan Jerman 3-1 di fase grup.

-EURO 1988 Belanda membekap Jerman 2-1 di babak semifinal.
Namun di Piala Dunia Jerman lebih unggul, menang 2-1 dalam World Cup 1990 (perdelapan final), menang 2-1 dalam final Piala Dunia 1974.

JERMAN vs PORTUGAL, siapa yang unggul?

Rekor pertemuan kedua tim memang tidak sedramatis Jerman-Belanda, tetapi saat Jerman-Portugal bertemu selalu menyajikan pertandingan yang menarik dan ketat. Jerman menang 3-2 dalam semifinal EURO 2008 dan unggul 3-1 dalam laga semifinal Piala Dunia 2006.

Namun, kendati Ronaldo mengaku tidak akan mengusung misi balas dendam, tentu saja  kali ini tidak ingin dipermalukan lagi untuk kali ketiga. Das Quinas sudah pasti akan bermain ngotot untuk mengamankan posisi di babak selanjutnya. Pertemuan dini hari nanti tentu sangat krusial, apalagi

Portugal harus bertemu dengan Denmark yang mengirim mereka ke babak playoff, dan bertemu Singa Oranje yang sedang galak.

BELANDA lawan PORTUGAL, siapa yang menang?

Boleh jadi, Portugal lebih percaya diri saat duel lawan Belanda ketimbang bertemu Jerman ataupun Denmark ! Ya, Si Merah Hati punya catatan lebih bagus daripada rivalnya Bunga Tulip, baik di kancah Dunia maupun Eropa.

Masih ingat, Portugal-lah yang menggagalkan Belanda berlaga di Piala Dunia 2002 (menang 2-0 di kandang Belanda dan seri 2-2 di kandang sendiri) dalam babak kualifikasi. Portugal pula yang mengandaskan ambisi Philip Cocu cs dalam babak 16 besar Piala Dunia 2006. Di Piala Eropa?

-EURO 2004 Portugal menang 2-1 atas Belanda

-Belanda menang 1-0 atas Portugal di babak kualifikasi EURO 1992.

Kembali soal rekor pertemuan , itulah terakhir kali Belanda menang lawan Portugal alias 20 tahun silam. Selebihnya Portugal lebih dominan. Dalam 8 kali pertemuan terakhir pun Portugal lebih unggul, yakni menang empat kali, seri tiga kali, dan hanya sekali kalah.

Jadi, jangan harap Belanda kendati diunggulkan akan menang mudah apalagi berpikir untuk meremehkan Portugal, kendati kali ini tidak sebagus tim Portugal dalam Piala Dunia 2006 dan Piala Eropa 2004.

Jadi, siapa yang bakal lolos dari grup neraka ini? Singkirkan dahulu keinginan dan harapan Jerman-Belanda akan melenggang mulus begitu saja. Apalagi,  berharap Jerman yang akan Juara Eropa 2012, terlalu dini utk di bahas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut